Kalimantan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Jadi tidak harus pergi berwisata melulu ke pulau Lombok maupun Bali. Wisata Kalimantan berupa pantai sendiri juga memiliki banyak area berpasir putih yang dilengkapi dengan lautnya yang masih jernih. Bahkan para wisatawan juga memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan alam Pulau Derawan.

Tentu saja tidak boleh melewatkan kesempatan untuk sampai dan berfoto di Tugu Khatulistiwa. Terdapat juga tempat wisata populer seperti Pampang Cultural Park dan juga Taman Lampion Mahakam. Tempat-tempat tersebut sangatlah ikonik untuk dikunjungi.

Daftar Wisata Kalimantan untuk Para Pecinta Traveling

Hari libur panjang sudah hampir tiba dan Anda putuskan untuk pergi ke Kalimantan. Di Kalimantan sendiri terdapat banyak sekali tempat ikonik mulai dari alam sampai dengan bersejarah. Ini dia beberapa tempat wisata yang direkomendasikan kepada para calon pengunjung.

  1. Tugu Khatulistiwa

Pembangunan dari Tugu Khatulistiwa sejatinya sudah berlangsung sejak 1928. Pada masa tersebut Tugu Khatulistiwa masih berupa tonggak saja dan ditentukan oleh ahli geografi yang berasal dari Belanda. Pembangunan dari tugunya semakin disempurnakan sejak tahun 1930. Kemudian dilakukan banyak penyempurnaan tugu setelah tahun tersebut sehingga tampilannya menjadi semakin baik.

Kini tempat tersebut menjadi bangunan maskot yang menjadi ciri khas kota Pontianak. Bila Anda memiliki banyak waktu berliburan di Kalimantan maka tidak ada salahnya berkunjung ke tempat ini. Abadikan momen-momen penting berada di Kota Pontianak dengan menggunakan foto. Tugu Khatulistiwa sendiri setiap tanggal 21 sampai 23 Maret maupun September menjadi titik kulminasi matahari sehingga bayangan bangunan di hari itu akan menghilang.

  • Pulau Derawan

Kepulauan yang satu ini memiliki keindahan alam taman bawah lautnya. Banyak dari para penyelam kelas internasional yang rela datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Area kepulauannya sendiri terdiri atas empat buah pulau yakni Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan Kakaban. Anda bisa melihat ekosistem laut seperti terumbu karang dan juga berbagai hewan yang tinggal di sekitarnya.

Contoh dari jenis hewan laut yang termasuk di ekosistem ini adalah penyu hijau, lumba-lumba, ikan paus, ikan , duyung dan lain sebagainya. Bagi siapapun yang datang ke kepulauan tersebut tidak perlu takut kehilangan sinyal, karena sudah terdapat fasilitas komunikasi yang baik di sana. Macam-macam dari tempat penginapan juga tersedia termasuk resort.

  • Pampang Cultural Park

Kita tidak akan lepas dari tempat wisata yang menawarkan kebudayaan secara kental asal Kalimantan. Nama tempatnya adalah Pampang Cultural Park yang mana di sana sering kali dipertontonkan pertunjukan seni dari suku Dayak. Suku Dayak Kenyah sendiri memiliki kebiasaan teguh dalam melestarikan adat istiadat dan keseniannya. Apabila Anda tertarik menonton kebanyakan seni yang dibawakan oleh masyarakat setempat bisa datang pada Minggu jam 14.00 WITA.

Panggungnya seringkali dihiasi dengan corak khas suku dayak. Baju yang dikenakan penari biasanya juga memiliki motif khas dari suku tersebut. Dalam menarikan adat istiadat biasanya mereka mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan aksesoris di tangan. Anda sebagai wisatawan juga berkesempatan berfoto dengan para penari dari suku Dayak Kenyah tersebut.

  • Taman Lampion Mahakam

Saat malam Slot Deposit Pulsa 10 Ribu hari tiba maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Taman Lampion Mahakam. Tamannya sendiri memang terletak di sekitar sungai Mahakam. Sejauh mata memandang maka pengunjung akan bisa melihat ada banyak sekali lampion menyala dengan indah. Bentuk dari lampion dan warnanya saling berbeda-beda sehingga menciptakan kesan yang menakjubkan di malam hari.

Anda bisa melihat beberapa ikon terkenal dari berbagai negara yang dibentuk dalam versi lampu-lampu hias. Tentu saja situasi tersebut sangat cocok untuk dipakai berfoto ria ketika malam sudah tiba. Cocok sekali dipakai untuk berwisata bersama dengan anak-anak kecil karena fasilitas yang ditawarkan di tempat wisatanya juga cukup lengkap. Tentu saja para pengunjung yang berniat masuk ke wahananya harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Pastikan Anda membawa powerbank karena setiap sudut dari seluruh tempat wisatanya menarik untuk di potret. Selanjutnya persiapkan uang dalam jumlah yang cukup untuk bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan. Cobalah berdiskusi dengan teman atau anggota keluarga dahulu sebelum membuat keputusan akan pergi ke suatu tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *