Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta Raih 2 Juara Pada Pekan Raya Ilmiah 2017 di UIN Jakarta

Jakarta, 16/10-2017 (Humas MAN 19 Jakarta)

Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta meraih 2 juara dari 3 mata lomba yang diikuti, yaitu juara 1 Lomba Esai dan juara 3 Lomba Proyek Alat yang diselenggarakan oleh HMPS Pendidikan Fisika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Pekan Raya Ilmiah 2017 yang berlangsung di UIN Jakarta pada hari Sabtu,  tanggal 7 Oktober 2017. Anggota Tim OSN Fisika yang berhasil meraih juara dalam lomba tersebut adalah: Putri Permata Utari Andini, Defara Dhanya Paramitha, dan Nurul Safitri untuk lomba Proyek Alat, dan Evi Hani Fatimah Salsabila untuk lomba Essay. Sedangkan untuk mata lomba Olimpiade Fisika, Tim OSN MAN 19 Jakarta belum beruntung, hanya mendapat peringkat ke-5, selisih 2 angka dari juara harapan 1.

Untuk Lomba Esei Pekan Raya Ilmiah 2017, Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta meraih juara I setelah berhasil menyisihkan 7 lawannya yang berasal dari SMA Aviecenna Cinere, SMA Annajah, MAN 10 Jakarta, MAN 1 Tangerang Selatan, dan SMA N 10 Tangerang Selatan pada babak penyisihan. Lomba Esei ini diawali dengan mengirimkan karya tulis terkait dengan materi fisika.  Selanjutnya  sekolah diundang untuk mengikuti  babak penyisihan pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2017    untuk bertanding pada tahap selanjutnya (babak final) yang berlangsung  di UIN Jakarta untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di depan juri. Peserta MAN 19 Jakarta yang berhasil meraih juara I Lomba ESei Fisika yaitu Evi Hani Fatimah Salsabila.

            Selanjutnya untuk lomba Proyek Alat, Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta meraih juara 3, sedangkan juara 1 dan 2 diraih oleh MA Almuhaddatsiriyah dan SMA Islam Sinar Cindikia.

            Ada 8 sekolah yang berhasil menjadi peserta dalam babak penyisihan pada Olimpiade Fisika Pekan Raya Ilmiah 2017, yaitu: SMA Smart Ekselensia Indonesia, MAN 19 Jakarta,SMA Uswatun Hasanah, SMA N Trenggalek, Pesantren Al-Adzkar, SMA I Purwakarta, dan MAN 4 Jakarta. Babak penyisihan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 9 Oktober 2017. Pada babak Final MAN 19 Jakarta belum berhasil mendapatkan juara. Tim Olimpiade MAN 19 Jakarta hanya berhasil menduduki peringkat ke 5, hanya selisih 2 angka dari peringkat  harapan I.

            Salah satu anggota Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta menyatakan bahwa dengan mengikuti Olimpiade tersebut banyak manfaatnya, diantaranya dapat menambah pengalaman dalam berkompetisi, juga dapat menambah wawasan karena bertemu banyak sekolah yang kemampuannya tidak kalah bagus. Menambah banyak teman juga. Jadi lebih termotivasi untuk terus meningkatkan  kompetensi juga.

            Mohammad Yasin, kepala Madrasah Negeri 19 Jakarta sangat mengapresiasi  prestasi yang diperoleh Tim OSN Fisika MAN 19 Jakarta pada Pekan Raya Ilmiah 2017 di UIN Jakarta. Beliau juga mengharapkan agar Tim OSN MAN 19 lainnya dapat senantiasa meningkatkan kompetensi dengan banyak berlatih agar dapat meningkatkan kompetensi untuk dapat bersaing dengan madrasah atau sekolah lainnya dalam lomba – lomba baik di tingkat madrasah/sekolah  di tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.

Tim OSN Fisika MAN 19 aktif mengikuti lomba

Posted in Kurikulum, Prestasi Akademik.