Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, MAN 19 Jakarta Gelar Lomba

Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, MAN 19 Jakarta Gelar Lomba

Jakarta, 28/10-2016, (Humas MAN 19 Jakarta

Sumpah Pemuda sebagai wujud kebulatan tekad para pemuda Indonesia pertama kalinya dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928. Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sebagai wujud kebulatan tekad para pemuda Indonesia pertama kalinya dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Sumpah Pemuda merupakan tonggak awal lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan alat pemersatu bangsa ini. Para pemuda saat itu berjuang mempertaruhkan jiwa raganya demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia yang tertindas oleh penjajahan selama ratusan tahun. Para pemuda kemudian menyatukan diri mereka dalam tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu, yakni Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Sejak saat itulah tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda sampai sekarang.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2016, MAN 19 Jakarta.menggelar beberapa lomba. Bidang yang dilombakan adalah : lomba membaca puisi, pidato bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggsris, kebersihan, dan lomba mading.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan pada hari ini, Jumat tanggal 28 )otober 2016 setelah upacara bendera dengan mengambil tempat yang berbeda, tetapi dalam waktu yang sama. Peserta lomba dalah utusan dari masing-masing kelas. Masing-masing kelas wajib mengutus satu orang perwakilan untuk masing-masing lomba. Untuk masing –masing lomba (Lomba membaca puisi dan pidato)  berjumlah 21 peserta sesuai dengan jumlah rombongan belajar. Untuk lomba mading dan kebersihan kelas yang dinilai adalah kebersihan dan kerapihan kelas.

Lomba mading kelas bertujuan untuk menciptakan kreativitas, ketangkasan, kekompakkan, kerjasama, dan inovatif serta memotivasi siswa dalam membuat mading kelas tidak hanya untuk lomba.

Dengan adanya peringatan hari sumpah pemuda diharapkan akan tumbuh semangat dalam diri dan jiwa siswa MAN 19 Jakarta sebagai generasi muda bangsa ini diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan partisipasinya  dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pemuda 88 tahun yang lalu. Tidak hanya sebatas mengenang peristiwa Sumpah Pemuda ataupun memahami makna Sumpah Pemuda, para pelajar pun harus mengembangkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupannya,  terutama bagi perkembangan bangsa Indonesia. Juga diharapkan mampu membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang baik. Berdisiplin, bertanggung jawab, rajin dan memelihara semangat juang dalam belajar merupakan hal yang harus senantiasa kita tanamkan dalam diri kita sebagai pelajar. Dengan demikian, di kelak kemudian hari kita dapat menjadi generasi penerus yang handal di negeri ini. Semoga….!

Posted in Humas.